Minggu, 12 September 2010

Bahaya Facebook Bagi Mahasiswa

kemungkinan juga, kita semua akan merasakan bahaya dari kegiatan nge facebook itu. Sebelumnya MUI telah mengeluarkan Fatwa bahwa Facebook Haram untuk umat muslim. Semua itu sangat beralasan. Karena didalam facebook banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan prilaku yang dilakukan oleh sebagian orang.

Contoh kasus terbaru adalah seorang sahabat perempuan saya yang selalu membuat janjian dengan kenalannya di facebook, meski ia sadar bahwa ia telah berkeluarga. Setidaknya seminggu sekali mereka berkencan ria. Sudah dapat dipastikan acara kencan-kencanan ini akan berakhir diatas ranjang. Kalau sudah begini, mampukah mereka membantu Mengembalikan Jati Diri Bangsa?

Kembali ke topik awal. Sebagai mahasiswa anda harus berhati-hati dalam menggunakan layanan facebook. Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering kamu menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu kamu belajar dan semakin buruklah nilai-nilai mata pelajaran kamu.

Begitu tertulis dalam laporan studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University tersebut. Namun penulis laporan mengatakan, laporannya hanya memperlihatkan kemungkinan hubungan antara penggunaan Facebook dan menurunnya nilai-nilai yang kamu peroleh di sekolah.

Hasil laporan tersebut ada benarnya. Karena ingin mengetahui status facebook seseorang, maka bukan tidak mungkin konsentrasi belajar anda menjadi terganggu. Bagaimanapun juga segala sesuatu yang sudah menjadi candu, akan selalu ‘menagih’ terhadap diri kita. Hal ini tentu berdampak negatif terhadap nilai-nilai pelajaran anda di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar